Sabtu, 06 Oktober 2012

Kemampuan yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Public Relations



Untuk menjadi seorang Public Relations kita dituntut untuk bisa berkomunikasi dengan baik di depan orang banyak.  Karena profesi  Public Relations berperan sebagai penghubung antara perusahaan dan organisasi dengan public. Namun untuk menjadi Public Relations yang handal bukan hanya mengandalkan kemampuan komunikasi yang baik saja, ada beberapa kemampuan lain yang harus dimiliki oleh seorang Public Relations, dan diantaranya adalah :



1.      Mampu Berkomunikasi dengan Baik

Menurut teori Frank Jefkins dalam bukunya yang berjudul 'Public Relations', persyaratan mendasar bagi seorang PR yaitu ia harus mampu berkomunikasi secara lisan maupun tulisan. Tak hanya Dituntut untuk bisa berbicara di depan umum dan mampu melakukan presentasi, seorang PR harus mampu membuat press release untuk dikirim ke media, mereka juga harus bisa membuat artikel dan feature untuk house jurnal yang akan diterbitkan oleh erusahaan. Menulis naskah pidato, menulis laporan, menulis brosur, hingga konsep iklan layanan masyarakat.

2. Kemampuan Kepemimpinan atau Mengorganisasikan

Ini dapat diartikan sebagai kemampuan mengantisipasi suatu masalah baik di dalam organisasi, maupun di luar. Hal ini juga termasuk kemampuan untuk menyusun rencana kegiatan dan melaksanakannya sampai selesai, termasuk perincian anggarannya. Jika Anda ingin berprofesi sebagai PR, Anda diharapkan mampu mengorganisasikan berbagai macam kegiatan PR. Orang yang berprofesi di bidang tersebut harus mampu berpikir jernih dan obyektif.

3. Dapat Membina Relasi

Anda juga harus mampu menciptakan networking dengan berbagai pihak yang berkaitan dengan perusahaan. Seorang PR juga dituntut harus bisa bekerja sama dengan orang banyak. Pandai membina relasi itu penting untuk membangun opini positif terhadap perusahaan sehingga tercipta hubungan saling percaya satu sama lain. Tak heran bila orang yang cocok berprofesi sebagai PR itu adalah orang yang memiliki tipe kepribadian extrovert.

4. Selalu Jujur

Seorang PR harus memiliki kredibilitas yang tinggi, dapat diandalkan dan dipercaya oleh orang lain. Informasi yang diberikan harus berlandaskan oleh fakta dan bukan sekadar kata-kata manis demi menaikkan popularitas perusahaannya. Selain itu, dalam menjalankan tugasnya ia harus mematuhi etika dan menjunjung tinggi moralitas. Meskipun seorang PR memiliki tugas untuk menjaga image atau citra perusahaannya agar tetap positif di mata publik, namun bukan berarti ia berhak menjatuhkan pihak lain atau saiangannya.

5. Kaya Ide & Kreatif

Berprofesi sebagai PR juga harus penuh dengan gagasan atau ide-ide yang cemerlang. Mereka juga harus kreatif. Oleh karena itu, jika Anda ingin menjadi seorang PR, maka Anda harus memiliki wawasan yang luas. Apabila masalah menghampiri, serumit apapun itu Anda harus bisa menemukan solusinya. Tak hanya itu saja, mengembangkan imajinasinya untuk mampu menciptakan kreativitas kerja juga harus diterapkan.

Nah, menjadi seorang Public Relations memang tidaklah mudah, meski begitu kita tetap harus selalu belajar dan berusaha untuk terus mengembangkan bakat dan kemampuan kita agar dapat menjadi seorang Public Relations yang handal. 

Tetap Berusaha dan Semangat ^^V

Kelompok 8 :
1. Adella Ghana D1610003
2. Destia Widya D1610021
3. Inggit Adab D1610043
4. Yonanilasari D1610081
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar