Era globalisasi,era kompetitis ,era komunikasi,era informasi ,era image
war ( perang citra ) atau apapun nama eranya sekarang ini.dinamika
public atau masyarakat semakin besar dan berkembang,tuntutan,keinginan
dan harapan public atau masyarakat terhadap pemenuhan kebutuhan
informasi semakin kritis.
Perubahan public atau masyarakat semakin cepat
itu ditunjang oleh perkembangan teknologi komunikasi terutama setelah
munculnya media online (internet). Melihat kondisi dan situasi public
atau masyarakat diatas,kehadiran profesi dan pendidikan public relation
semakin dibutuhkan.
Secara konsepsi Public relations adalah salah satu
sub bidang lmu komunikasi,kendati secara praktis komunikasi adalagh
backbone kegiatan PR. Konsep lainnya dari PR adalah sebagai “jembatan”
antara perusahaan dan organisasi dengan publiknya,terutama tercapainya
mutual understanding antara perusahaan dengan publiknya.
Di era
persaingan sekarang ini bukan public yang butuh perusahaan ,tetapi
perusahaan yang butuh public ,tetapi untuk memenangkan kompetisi itu
perusahaan atau organisasi memerlukan strategi PR yang prima. Salah satu
definisi menyebutkan PR adalah metode komunikasi untuk menciptakan
citra positif dari mitra organisasi atas dasar menghormati kepentingan
bersama (sukatendel,1990).
Definisi diatas mengandung kesan. Citra
adalah suatu istilah baru yang menarik. Banyak diperbincangkan oleh
masyarakat saat ini.kita perlu memanfaatkan momentum ini,sekaligus
memasyarakatkan pengertian perlunya PR. Mitra adalah istilah baru yang
menarik.memberi kesan saling memperhatikan.Inilah model masyarakat masa
depan,Sehingga PR sungguh berwawasan . Sangat mendukung dalam suasana
nasional yang membangun.Sangat cocok dengan pancasila. Kepentingan
bersama (mutual interest) adalah esensi dan kegiatan PR,jelas dan
menggunakan dua pihak ( two way communication). Saat ini menjadi topic
internasional. Masalah lingkungan (social dan fisik ) yang perlu
diperhatiakan untuk keharmonisan umat manusia.
Kelompok 1:
Arindita (D1610009)
Gitaloka (D1610037)
Selvi (D1610073)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar