Senin, 05 November 2012

Realita “MAHASISWA"



Mahasiswa? apa sih yang ada dibenak kalian, arti mahasiswa itu? anak yang sudah gede? alumni dari SMA masuk ke Perguruan Tinggi Negeri/Swasta?
            Dari katanya saja MAHA yang artinya tinggi dan SISWA yang artinya orang yang sedang menjalani pendidikan. Jadi, bisa dibilang Mahasiswa itu sendiri adalah orang yang sedang menjalani pendidikan tingginya setelah lulus dari SMA dan mempunyai perilaku yang tinggi juga. Perilaku tinggi disini adalah  menjadi watak yang lebih dewasa dari SMA, mandiri, bisa berpikir kritis, sigap, bertanggung jawab atas semua tugas yang diberikan, dan masih banyak lagi.

 TUGAS !!!
     Tugas nilai duit, dan tugas!! Realita dari semua rata-rata mahasiswa. Siapa yang ga kenal dengan "TUGAS"? Biasanya, yang suka memberi tugas adalah dosen. Tapi itu semua mengandung manfaat yang sebenernya tidak di sadari (termasuk saya sendiri). Mengerjakan tugas itu bisa membantu nantinya dalam ujian, dalam arti begini, kita mengerjakan tentu tidak stuck di buku itu itu saja kan? kita bisa mencari referensi dari buku lain dan tentu bisa nanya-nanya ke temen sekelas kamu maupun kakak senior kamu yang lebih berpengalaman.

SOSIALISAI !!!
            Manusia itu tidak bisa hidup sendiri guys. Ada sebagian mahasiswa yang ANSOS. Tau kah singkatan dari ANSOS itu sendiri apa? yapp, ANTI SOSIAL yang jarang berkomunikasi dengan teman-temannya. Hey dude, what are you thinking???? Ini Indonesia guys!! Banyak informasi bermanfaat dengan adanya pertukaran pikiran dengan teman kamu. KAMU MERASA PINTAR? KAMU MERASA KALAU KAMU ITU SUDAH BISA SEGALANYA? KAMU MERASA LEBIH DIANTARA TEMAN KAMU?? itu salah besar. Balik lagi ke awal, pada hakikatnya manusia itu tidak bisa hidup sendiri.

IPK !!!
            Kuliah itu untuk mencari ilmu guys bukan mengejar IPK atau IP yang tinggi. Kuliah itu tempat menimba ilmu buat masa depan. Kuliah itu tempatnya kita bertukar pikiran dengan teman-teman. Buat apa IPK tinggi tapi kalau kamu ANSOS?? Buat apa kuliah kalau kamu KUPU-KUPU (kuliah pulang kuliah pulang)???
            Ayolaah guys, untuk apa sih bekerja hanya untuk diri sendiri aja? Kuliah memang sulit dan membutuhkan ketekunan yang lebih. Terkadang mahasiswa di pusingkan oleh yang namanya IPK dan IP. Mahasiswa berlomba lomba mencari nilai yang tinggi. Kamu punya temankan??? saling berbagilah kepada mereka. Apakah kalian orang yang ber- IPK tinggi?? ilmu itu jangan hanya untuk diri sendiri. Bagikanlah ilmu itu kepada teman-teman kalian. Tidak ada ruginya kan?? Adakanlah pengumuman belajar bareng agar KITA SEMUA BISA LULUS BERSAMA-SAMA. Kita masuk Perguruan Tinggi Negeri ini bersama-sama kan?? Apa salahnya keluarnya juga bersama-sama?? Itu akan menjadi momen yang indah kawan. Jangan mau menang sendiri, berbagilah dengan teman-teman kamu yang lain.

Hidup ini indah bagaikan pelangi yang berwarna warni :) Tetap semangat untuk semua orang, IPK tidak membatasi kreasimu, IPK tidak mempengaruhi kesukseskan kamu, jalani perkuliahan dengan ikhlas, jangan malas, dan LAKUKANLAH HAL YANG BERMANFAAT BAGI BANGSA INI YAITU INDONESIA karena MAHASISWA itu adalah generasi yang bisa membuat BANGSA LEBIH BAIK LAGI.

Kelompok 7 :
Annisa Dyah Supramita H (D1610007)
Resti Ayu R W (D1610067)
Trifian Hanggaristi (D1610075)

1 komentar: