Hadirnya Facebook dan Twitter mampu mengubah pandangan
tentang Public Relations. Bagaimana Twitter, media micro-blogging
dengan keterbatasan 140 karakternya bisa efektif digunakan untuk aktivitas public
relations? Berikut bahasannya.
Sejak kehadirannya, social media dianggap
sebagai kompetitor bagi teknik-teknik PR konvensional. Hingga, para social
media analis sempat memprediksi bahwa dunia PR sudah mati yang kemudian
disanggah dengan pendapat bahwa sebenarnya social media tak cocok untuk
hal-hal ke-PR-an. Seakan PR konvensional bermusuhan dengan PR berbasis
Social Media a
Lalu muncullah Twitter. Yang seiring dengan
pupularitasnya, bisa mengurangi “jarak” antara social media dan dunia PR. Dan
kini, kita bisa mendengar ribuan cerita tentang keberhasilan PR melalui
Twitter. Hingga kini Twitter dikenal luas sebagai teknik PR terbaik di era Web
2.0.
PR konvensional mati?
Lalu apakah PR konvensional sudah mati? Tentu saja
tidak! Twitter adalah cara yang mengagumkan dalam menambah kemampuan PR
organisasi Anda. Twitter bukanlah alat untuk menggantikan teknik PR yang sudah
ada tapi melainkan alat bantu untuk memperluas daya sebar “pesan” ke audience
yang lebih luas. Anda bisa mentweet press release tentang sebuah acara untuk
organisasi Anda dan bisa Anda lihat bagaimana ia menyebar di Twitterverse.
Nilai tambah Twitter
Memiliki layanan yang baik sangatlah penting bagi
sebuah organisasi untuk mendapatkan publikasi yang baik. Untuk hal itu Twitter
memiliki kelebihan yang belum bisa tertandingi berkaitan dengan kemampuan
layanan instan dan real-time. Pertanyaan bisa langsung dijawab dan pesan bisa
tersebar dengan sangat cepat.
Banyak perusahaan sudah menyadari bahwa Twitter tidak
hanya alat yang baik untuk membantu kebutuhan marketing tapi juga media yang
unik untuk membantu kebutuhan customer service, yang akhirnya bisa mengarahkan
pada pencapaian reputasi yang baik di masyarakat dan ke-PR-an yang kuat.
Twitter juga tempat yang tepat untuk memonitor
reputasi brand Anda di dunia online. Anda akan bisa mengetahui apa yang
dibicarakan oleh orang-orang tentang brand Anda. Andapun bisa mencari
orang-orang yang memiliki potensi bakal menyukai brand Anda. Bahkan dengan
menggunakan fungsi advanced search yang dimiliki Twitter serta beberapa produk
pihak ketiga, Anda bisa menetapkan apakah brand Anda kehilangan daya tarik
diantara para pengguna dan dengan itu Anda bisa melakukan hal-hal yang
dibutuhkan untuk segera memperbaikinya.
Dunia PR berkembang dengan pengetahuan, dan ini bisa
didapat dengan mudah pada Twitter. Begitu Anda memfollow dan beinteraksi dengan
banyak orang, Anda akan mendapatkan pengetahuan. Anda bisa menjadi rekan,
sebagai kompetitor ataupun klien, mengikuti mereka di Twitter menjadi sebuah
langkah yang masuk akal mengingat Anda akan bisa mendapatkan pengetahuan yang
lebih mendalam tentang opini mereka.
Twitter
tidak pernah “tidur” karena akan selalu terjadi sesi berbagi ataupun percakapan
selama 24 jam, 7 hari dalam seminggu, tentunya dengan orang-orang yang
berpengetahuan banyak dan juga bijaksana, jadi tidak ada ruginya jika kita ikut
mengambil manfaat dari kehadiran Twitter ini.
Tulisan : Kelompok 8
Tidak ada komentar:
Posting Komentar