baru ini perkembangan internet semakin
hari semakin besar, dan imbasnya adalah mereka yang ingin dikenal masyarakat
luas diharuskan mempunyai personal website untuk brand. Perusahaan juga harus
mulai menggunakan system online untuk perlu diinformasikan kepada para customer
ataupun calon customer potensial mereka melalui Public Relation (PR) secara
online.
Itulah sebabnya mengapa mereka membuat blog, yaitu sebagai salah satu media PR dalam
menginformasikan perubahan mereka produk pemadam ini.
Pertanyaannya: mengapa blog dijadikan
sebagai salah satu tool PR perusahaan tersebut?
Perkembangan dunia digital dan internet
telah membuat dunia terbagi menjadi dua bagian, yaitu offline dan online. Para
stakeholder kini tidak lagi hanya hidup di dunia offline, namun mereka juga
banyak menghabiskan waktu mereka di dunia online. Artinya, apa yang Anda
lakukan atau Anda komunikasikan di dunia offline harus Anda lakukan juga di
dunia online.
Nah, untuk kebutuhan Public Relation,
media online yang cocok untuk digunakan adalah BLOG.
Lalu, apa kelebihan menggunakan blog
sebagai media PR dibandingkan dengan media lainnya?
1. Blog untuk PR itu Murah dan Mudah
Dibandingkan dengan mengadakan Press
Release di media elektronik, tentu saja penyampaian informasi perusahaan lewat
blog relatif gratis (kecuali Anda membayar orang melakukannya) dan mudah.
Ada banyak sekali platform blog yang
gratis, misalnya WordPress dan Blogger (untuk corporate saya lebih menyarankan WordPress) dimana setup-nya pun
sangat mudah dan cepat. Itulah sebabnya banyak perusahaan kecil dan menengah
yang menggunakan blog untuk tujuan Public Relation.
Dengan memiliki blog, artinya Anda
memiliki “channel PR” Anda sendiri untuk perusahaan Anda.
2. Peluang Untuk Muncul di Search Engine
Jika stakeholder Anda adalah orang-orang
yang familiar dan sering menggunakan internet, maka bisa dipastikan mereka
memiliki behavior yaitu mencari informasi melalui search engine seperti Google.
Nah, dengan melakukan blogging sebagai strategi PR
Anda, maka informasi yang Anda posting di blog Anda tersebut memiliki peluang
untuk muncul di halaman 1 Search Engine (jika blog Anda dioptimasi dengan
baik).
Sehingga, ketika ada calon customer
potensial yang mencari informasi seputar produk dan isu-isu perusahaan Anda,
mereka dapat segera menemukannya di halaman 1 search engine. Pastikan mereka
mendapatkan informasi seputar perusahaan Anda langsung dari blog Anda, bukan
dari sumber lain.
3. Kemudahan Stakeholder untuk Berinteraksi
Jika (misal) Anda mengadakan press release
dengan mengundang wartawan media cetak ataupun televisi untuk keperluan PR,
maka biasanya interaksi atau feedback yang muncul sangat terbatas (biasanya
feedback hanya datang dari wartawan) , dan sulit bagi customer ataupun
stakeholder Anda untuk bisa berinteraksi langsung dengan perusahaan Anda.
Namun, melalui blog, siapapun dapat
langsung memberikan feedback berupa komentar ataupun pertanyaan seputar topik
PR yang Anda sampaikan. Hal ini bisa menciptakan interaksi langsung antara
perusahaan Anda dengan stakeholder dan interaksi tidak hanya dibatasi kepada
pihak tertentu saja.
Tentu saja masih ada banyak
manfaat-manfaat lainnya menggunakan blog untuk kebutuhan Public Relation.
Intinya adalah, pemanfaatan media online sebagai tool yang membantu berbagai
aktifitas perusahaan Anda (mulai dari marketing hingga PR) merupakan poin
penting jika Anda tidak ingin ketinggalan oleh pesaing-pesaing Anda.
Nah, bagi Anda para penggiat PR, apakah
Anda sudah mulai mempertimbangkan blog sebagai salah satu channel Public
Relation Anda? Feel free to comment and share your thoughts.
Incoming search terms:
- 3 keuntungan penggunaan email
- manfaat search engine bagi public relation
- 3 keuntungan pengguna email
- keuntungan menggunakan search engine
- maanfaat email bagi pr
- manfaat email untuk publik relations
- pentingnya search engine untuk seorang public relation
- perusahaan nasional yang public relationnya berhasil
- perusahaan yang memiliki public relations
- search engine untuk pr.
Kelompok 8 :Irmalia Clara Intan PS D1610045
Lely Febri Anggraini D1610047
Windi Firdausy D1610079
Tidak ada komentar:
Posting Komentar