Sabtu, 13 Oktober 2012

Hujaaan





            Kesehatan adalah penting, apalagi saat musim hujan seperti ini. Anda tidak maukan di cap atasan atau dapat surat teguran karena sering tidak masuk kerja karena kondisi badan tidak fit selama musim hujan?

            Keadaan kurang fit sering kali dapat mengganggu pekerjaan. Bila tubuh sakit, maka kerja otak akan menurun dan akibatnya kita sulit berkonsentrasi. Selain itu kita diliputi rasa lemas dan mudah lelah akibat kondisi fisik yang terganggu. Padahal masih banyak pekerjaan ataupun tugas yang masih menumpuk dan harus segera diselesaikan.

            Nah, bagi Anda yang ingin tetap fit dan aktif saat musim hujan, ada baiknya selalu menjaga kondisi kesehatan.

Berikut beberapa tips agar tetap sehat di musim hujan :

1. Menjaga asupan gizi
            Gizi yang baik dapat membantu tubuh menghasilkan energi dan kekebalan tubuh juga meningkat, selain itu dapat terhindar dari berbagai penyakit. Gizi yang baik dapat diperoleh dari mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna. Selain itu, bila perlu mengonsumsi vitamin ataupun suplemen tambahan untuk meningkatkan kekebalan tubuh kita.

2. Olahraga ringan
            Karena di luar suhunya rendah selama musim hujan, ada baiknya Anda menghabiskan lebih banyak waktu melakukan olahraga ringan untuk meningkatkan sirkulasi darah. Jalan cepat atau joging ringan dapat dijadikan pilihan karena cocok dilakukan untuk semua kelompok umur. Hal ini bermanfaat untuk denyut jantung dan ini sangat berguna untuk mengontrol tekanan darah menjadi stabil.

3. Menjaga daya tahan tubuh
            Toksin cenderung menumpuk karena kita tidak berkeringat selama musim hujan. Oleh karena itu, penting untuk menjaga diri cukup terhidrasi selama musim hujan untuk melepaskan racun. Mulailah hari dengan 2 gelas air hangat dan minum setidaknya delapan sampai sepuluh gelas air setiap hari, pilih makanan/minuman yang mengandung banyak. Buah yang kaya vitamin C dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh selama musim hujan dan baik juga untuk kesehatan kulit Anda.

4. Sedia payung sebelum hujan
            Memasuki musim hujan ini, kita tidak tahu kapan dan di mana hujan akan turun. Oleh karena itu, kita harus selalu menyediakan perlengkapan wajib saat musim hujan, seperti payung, jas hujan bagi pengendara motor, jaket ataupun sweater yang dapat menghangatkan tubuh. Barang-barang tersebut mutlak harus dibawa kemana saja Anda akan beraktifitas di musim hujan ini, untuk menghindari diri dari basah kuyub akibat guyuran hujan.


Mudah-mudahan dengan mengikuti tips diatas, teman-teman siap untuk menghadapi musim hujan ;)


Kelompok 1:

Arindita (D1610009)
Gitaloka (D1610037)
Selvi (D1610073)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar