Minggu, 14 Oktober 2012

Pentingnya softskill buat kita para mahasiswa

Guys, kalian pasti setuju kan kalau yang namanya kemampuan itu bisa kita asah?? Tapi ada yang tau ga kemampuan atau  skill ini memiliki 2 kategori that’s is HARDSKILL dan SOFTSKILL. Hardskill itu adalah kemampuan yang  bisa kita upgrade atau tambah sesuai keinginan kita,contohnya aja hardskill kita dalam berbahasa asing atau berkomputer,kita bisa kog mengasah skill kita dengan belajar ke lembaga-lembaga terkait dan membuat hidup kita lebih mudahhhhhhh yyyaaaa kannn???

Terus kalau softskill GIMANA DONG??? Biasa diasah juga kah???? Well sebelum kita ngomongin lebih jauh lagi ada yang tau ga definisi dari softskill itu sendiri apah?? Okee jadi Soft skill sendiri diartikan sebagai kemampuan diluar kemampuan teknis dan akademis, yang lebih mengutamakan kemampuan intra dan  interpersonal.

Secara garis besar nih ya guys soft skill bisa digolongkan jadi dua kategori :
1.      intrapersonal
mencakup : self awareness (self confident, self assessment, trait & preference, emotional awareness) dan self skill ( improvement, self control, trust, worthiness, time/source management, proactivity, conscience).
2.      interpersonal skill.
mencakup : social awareness (political awareness, developing others, leveraging diversity, service orientation, empathy dan social skill (leadership,influence, communication, conflict management, cooperation, team work, synergy)

            Soft skills pada dasarnya  guys adalah  ketrampilan khusus yang bersifat non-teknis, tidak berwujud, dan kepribadian yang menentukan kekuatan seseorang sebagai pemimpin, pendengar (yang baik), negosiator, dan mediator konflik. Sedangkan Hard skill itu lebih bersifat teknis dan biasanya sekedar tertulis pada bio data atau CV seseorang yang mencakup pendidikan, pengalaman, dan tingkat keahlian (teknis) gituuuuuu SO Soft Skills bisa juga dikatakan sebagai ketrampilan interpersonal seperti kemampuan berkomunikasi dan bekerja sama dalam sebuah kelompok  wahhhhhh keren kannnn ???? Nah jika seseorang mempunyai karakteristik atau sifat seperti itu maka pastilah orang tersebut mempunyai daya saing  yang lebih unggul.

            Siapa sih yang ga pengen punya softskill kayak yang diuraiin diatas tadi??haioo pasti semua pada rebutan yaaa ? udda coba intropeksi diri belum??? Kayak kata pak Joko dosen kita nih guys kita harus banyak-banyak BERCERMIN dan INTROPEKSI apa sih yang uda kita lakuin selama ini???udah bermanfaatkan atau belum????hehehe kenapa malah bahasw bercermin sih,lanjut lagi ahhhhhh……
Ini nih beberapa Ketrampilan Soft Skills yang bisa jadi patokan kita :                                       
•          Ketrampilan berkomunikasi yang efektif
•          Inovasi dan kreativitas
•          Berpikir analitis
•          Fleksibilitas
•          Kesiapan untuk berubah
•          Memiliki sikap dan nilai-nilai yg benar
•          Ketrampilan interpersonnal
•          Ketrampilan negosiasi
•          Ketrampilan persuasif
•          Ketrampilan mengatur waktu
•          Kemampuan memecahkan masalah
•          Kemampuan beradaptasi
•          Kemampuan memimpin dan membangun tim
So the conclution is HOW MUCH IMPORTANT SOFTSKILL FOR US ???
I think its IMPORTANT !. Pengembangan softskills di perguruan tinggi memang harus dilakukan secara integratif dan menyeluruh looo. Pengembangan softskills ini tidak hanya sekedar memberikan pelatihan atau kursus softskills, misalnya kursus kepribadian atau teknik komunikasi saja. Sebuah perguruan tinggi idealnya mengembangkan softskill mahasiswa. SELAMAT MENCOBAAAAAA J J SALAM PR YA GUYS :*
Kelompok 7 :
Annisa Dyah Supramita H (D1610007)
Resti Ayu R W (D1610067)
Trifian Hanggaristi (D1610075)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar