Jumat, 28 September 2012

7 Tips Menjadi Public Relations Profesional


Seorang public relations (PR) mengemban tugas utama untuk meningkatkan reputasi perusahaan serta menjaganya. Hal itu bukanlah sebuah hal yang mudah dilakukan. Namun tentu dengan kiat-kiat berikut, anda bisa menjadi PR yang sukses. Artikel ini cocok bagi anda yang memilih jurusan komunikasi dan penjurusan Public Relations. Seorang PR haruslah memiliki sikap-sikap berikut agar berhasil;

1. Percaya Diri
Percaya diri adalah hal yang utama, karena anda harus mempercayai diri anda sensiri dan perusahaan anda, agar dapat membangun citra yang baik.Hal ini juga akan membuat Anda jadi orang yang siap menghadapi segala kemungkinan, dari yang terbaik maupun terburuk.
2. Banyak Belajar
Dunia PR terbuka bagi banyak kemungkinan, maka seorang PR haruslah belajar setiap saat, bisa dari membaca buku atau lainnya, baik yang berhubungan dengan pekerjaan maupun yang tidak.
3. Pintar Mengatur Mood
Seorang PR harus bisa menampilkan dirinya semenyenangkan mungkin dihadapan publik dan media, sekalipun moddnya 180 derajat berbeda.
4. Memiliki Kepribadian yang Baik
Menurut Herlina Widowati, Brand Manager yang pernah menjadi PR kafe SHY Rooftop, seorang PR harus memiliki kepribadian yang baik bukan hanya secara individu. Tapi juga dalam berprofesi dan berhubungan dengan orang lain. "Kalau aku awalnya harus menjadikan pribadi kita yang menarik, bukan penampilan aja. Kita harus menghormati orang lain. Jangan berpikiran negatif terhadap orang lain, nanti orang lain akan percaya kepada kita," tutur Herlina.

5. Cepat Beradaptasi
Seorang PR akan berhadapan dengan orang-orang yang berbeda yang dilatar belakangi budaya yang berbeda. Di sinilah seorang PR harus pintar-pintar beradaptasi, agar bisa 'nyambung' ketika ngobrol dengan klien yang pasti selalu berbeda.
6. Berpikiran Terbuka
PR harus berpikiran terbuka, tidak kaku dan tidak gaptek dengan teknologi baru.
7. Jaga Hubungan Baik dengan Rekan Kerja
Jangan hanya berhubungan terbatas karena urusan pekerjaan. Untuk menjaga hubungan baik dengan rekan kerja (partner bisnis, klien, media), tunjukkan sedikit perhatian. Misalnya mengucapkan selamat di hari ulang tahunnya, mengirimkan kartu ucapan di hari raya atau sekadar mengajak makan siang sambil berbincang santai.


Kelompok 6 :
Putri Lanjaringtyas Rahmawati     D1610063
Rachmadhani                            D1610065
Seza C Putri                              D1610071

Tidak ada komentar:

Posting Komentar