Senin, 24 September 2012

SEHAT KOTAKU MAJU NEGERIKU



“Bangsa yang sehat mampu berdaya saing di tingkat internasional, bangsa yang sehat mampu menghasilkan ilmuwan dan intelektual tingkat dunia, Bangsa yang sehat mampu menghasilkan atlet dunia”

Maksud dari kalimat diatas adalah kesehatan sangatlah berpengaruh terhadap kemajuan bangsa serta menjadi tolak ukur keberhasilan bangsa itu sendiri. Sebagai bangsa yang berkembang negara kita tidak boleh menganggap remeh sebuah kesehatan, ibarat jika guru adalah sosok yang mencerdaskan bangsa maka pelayanan kesehatan adalah pejuang untuk menguatkan bangsa.

Untuk menjadi bangsa yang sehat tentunya harus bersih atau lepas dari berbagai masalah kesehatan. Seperti kasus gizi buruk, diare, anemia, demam berdarah, meninggalnya ibu hamil, TBC, merokok, narkoba dan HIV/AIDS. Masalah kesehatan seperti ini selalu menghantui masyarakat dikarenakan jumlah korban yang terus bertambah.

Permasalahan ini disebabkan oleh faktor kemiskinan serta tekanan ekonomi, yang menyebabkan kualitas makanan dan minuman tidak bergizi, kondisi lingkungan tak layak huni serta buruknya pelayanan kesehatan.

            Kemiskinan dan kesehatan adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan, Musuh terbesar dari kesehatan dalam membangun bangsa adalah kemiskinan. Sebagai warga negara, rakyat miskin mempunyai hak dasar yang melekat pada dirinya untuk mendapatkan pemeliharaan hidup oleh negara, termasuk memelihara kesehatan, sebagaimana dijamin dalam konstitusi dasar negara. (UUD Pasal 28 H)

            Namun pemerintah tampaknya kurang serius menangani kondisi kesehatan yang tak sesuai dengan harapan masyarakat. Dan masalah kesehatan di Indonesia sepertinya belum menjadi prioritas pembangunan nasional, padahal kesehatan adalah modal atau aset dasar bangsa untuk mewujudkan cita-cita bangsa.

            Tetapi, meskipun begitu kita tak boleh hanya bisa mengkritik pemerintah indonesia namun marilah kita bangkit bersama membantu memberi semangat agar waktu yang kita lalui membuat bangsa kita lebih baik kedepannya.

Dengan ikut terlibat dalam gerakan-gerakan kepedulian terhadap kesehatan dikota kita, mengadakan perlombaan puskesmas terunggul serta rumah sakit paling memuaskan dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan pelayanan kesehatan. Selain itu slogan pun dapat menjadi himbauan yang berguna bagi masyakarat awam seperti “hindari rokok demi kesehatan anda dan keluarga”, “cuci tangan dengan sabun”, “makan bergizi jaminan sehat”.

Bukankah masyarakat yang sehat merupakan sumber kekuatan untuk kemajuan bangsa?, maka mari kita mulai dari rumah kita, lingkungan kita hingga kota kita. Dengan hidup bersih dan makan bergizi kita ikut menjadi bagian dari  Indonesia yang sehat dan maju.
  
KELOMPOK 10   10
CRISTINA PUTRI W             D1610017
FIBI ANDRE                        D1610035
HIBAH                               D1610041

Tidak ada komentar:

Posting Komentar