Sabtu, 29 September 2012

Membangun Komunikasi Dosen dan Mahasiswa


Dalam dunia pendidikan tujuan pendidikan akan tercapai dikala terdapat hubungan kemitraan yang baik, good partnership diantara civitas akademika, terutama dosen dan mahasiswa. Tidak ada kesenjangan, batas-batas yang mengahalangi dalam proses interksi dan komunikasi antara dosen dan mahasiswa akan menjadi faktor berjalan tidaknya proses transformasi ilmu pengetahuan. Maka dari itu komunikasi antara dosen dan mahasiswa sangat dibutuhkan untuk menciptakan hubungan yang baik antara keduanya.

Terkadang keadaan dan perilaku tidak berdaya dalam terciptanya good partnership terjadi karena faktor struktural dimana dosen berada diatas mahasiswa dan faktor kultural dimana mahasiswa harus “tunduk” pada dosen sehingga terbangunlah hubungan yang kaku dan tentunya tidak menguntungkan baik pada keduanya terutama tidak terbentuknya iklim akademik yang nyaman.

Seharusnya anggapan seperti itu harus segera dihilangkan,  agar mahasiswa tidak merasa  canggung untuk berkomunikasi dan dosen juga bisa menyampaikan materi dengan baik.

Di era globalisasi seperti ini komunikasi antara dosen dan mahasiswa tidaklah begitu sulit. Karena adanya teknologi yang semakin canggih menguntungkan keduanya untuk berkomunuikasi baik secara langsung maupun tidak langsung.

Bahkan tidak jarang dosen yang mempunyai akun facebook, twitter, blog, email dll. Dengan dosen mempunyai akun jejaring sosial mempermudah mahasiswa untuk berkomunikasi. Bisa saja untuk menanyakan tugas kuliah, bertanya tentang materi yang belum paham dan bahkan dosen juga bisa menginformasikan kepada mahasiswa adanya tugas kuliah, materi kuliah dll.

Adanya feedback antara dosen dan mahasiswa akan terjalin komunikasi yang baik bahkan memberikan dampak positif bagi keduanya. Dosen dan mahasiswa diharapkan selalu berkomunikasi agar tercipta hubungan yang harmonis antar keduanya menjadi good partnership.

Sekian tulisan dari kelompok kami, semoga bermanfaat bagi kemajuan kelas PR A 2010.

Kelompok 9 :
 
Delfika Agnilasari          D1610019
Nofik Lukman H             D1610059
Sely Wahyu                    D1610069

Tidak ada komentar:

Posting Komentar