Jumat, 28 September 2012

PERLUNYA INTERAKSI DI DALAM KELAS





” Manusia hidup tidak sendiri, manusia hidup saling membutuhkan, dan manusia hidup untuk saling berinteraksi. Begitu pun seterusnya yang terjadi dengan hubungan timbal balik antar manusia untuk berkomunikasi ”.

Apalagi kita yang kelak nanti akan menjadi seorang PR , banyak hal yang mungkin belum kita ketahui mengenai PR. Yang terutama adalah Interaksi kita dengan orang lain, interaksi disini tidak hanya saling menyapa di jalan ataupun saat kita jumpa di kantin, kelas, tempat parkir. Interaksi disini luas yang artinya kita berinteraksi tidak hanya dengan teman kelas yang kita kenal saja ( yang kita anggap dan kita kenal saja ) kalau mulai dari awal kita kuliah berinteraksi dan mengenal yang kita mau aja, itu sama aja kita nggak menghargai diri kita sendiri. Kenapa disini saya bilang nggak menghargai diri kita sendiri ? Karena kita semau kita sendiri dan nggak peduli dengan orang lain. Kita peduli dengan mereka saat kita butuh aja, itu semua udah nggak jamannya lagi buat kita.

Maka dari itu mulai sekarang kita perbaiki lagi komunikasi dan interaksi diantara kita semua, dampaknya juga baik untuk kita ke depan kelak kita sudah memasuki dunia kerja nanti. Interaksi yang terjadi memang lebih luas, kita bisa bertemu dengan klien, antar karyawan, dan lain-lain nya. Kita mulai dengan berinteraksi dengan lingkungan yang dekat dengan kita, interaksi  di dalam kelas.

Apa saja manfaat dan fungsi interaksi dalam kelas ? 
                  
Dengan adanya komunikasi dan interaksi di dalam kelas memberikan dampak positive menumbuhkan kesadaran baik bagi dosen maupun mahasiswa dimana tujuan pembelajaran akan tercapai sesuai dengan yang dikehendaki dosen. Kenyataan menunjukkan bahwa disamping pemahaman akan materi kuliah meningkat, sekaligus juga meningkatkan ketrampilan-ketrampilan yang lain, misalnya dengan kita bekerja kelompok, ketrampilan berkomunikasi secara tertulis maupun lisan misalnya dengan kita mengikuti ujian yang di berikan oleh dosen mata kuliah. Dengan adanya hubungan komunikasi interaksi dalam kelas menghasilkan mahasiswa yang mendapat hubungan timbal balik antara mahasiswa dengan dosen dan memiliki karakteristik yang tidak canggung di dalam kelas, percaya diri.
Selain itu dosen juga berperan dengan adanya interaksi kelas, dosen sebagai fasilitator intensitas yang beragam.

Sebagai contoh,
Dosen menyediakan diri untuk memberi konsultasi akademik secara suka rela di luar waktu yang telah dijadwalkan. Dosen memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan penelitian bersama dosen.

Interaksi yang kita lakukan bermanfaatkan kan untuk diri kita sendiri dan teman-teman kita bahkan dosen juga memberikan interaksi baik untuk kita. Mudah dan simple kan untuk kita berinteraksi, asalkan selama yang kita lakukan dengan niat baik dan positive kita juga mendapat hubungan interaksi timbal balik positive pula.

Kesimpulan disini :
                                                   
Interaksi kelas merupakan kegiatan yang terstruktur dengan tujuan tertentu, dimana adanya hubungan timbal balik. Selain itu dengan kita berinteraksi antar sesama dapat meningkatkan pembelajaran aktif dan untuk saling berkomunikasi.
Dan jangan sungkan, malas untuk kita membuka diri berinteraksi dengan orang lain. Teman kita sendiri pun juga akan malas saat kita mendekatinya saat kita hanya sekedar butuh, itu semua nggak akan terjadi kalo kita mau berubah dengan memiliki interaksi yang baik dengan siapa pun.



Selamat mencoba teman – teman
Dan Salam sukses selalu

Kelompok 4 :

Adella ghana D1610003

Destia Widya D1610021
Inggit Adab   D1610043
Yonanilasari  D1610081

Tidak ada komentar:

Posting Komentar